Menampilkan Video Rekaman di Zoom

Sebagaimana diketahui, dewasa ini penggunaan Zoom sebagai salah satu aplikasi video konferensi sudah menjadi lumrah dilakukan bahkan menjadi pendukung utama suksesnya aktifitas belajar mengajar berbasis jaringan (daring) yang digunakan berbagai kalangan.

Dengan berbagai keunggulannya, sangat wajar bila Zoom menjadi aplikasi yang sangat populer digunakan. Namun, bisa saja masih ada beberapa kalangan bahkan staf pengajar baik sebagai guru maupun dosen yang belum terlalu memaksimalkan fitur yang disediakan oleh Zoom. Praktis, Zoom hanya digunakan sebagai media untuk menyampaikan materi, diskusi ataupun kegiatan yang tidak jauh berbeda dengan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode tatap muka.

Salah satu keunggulan Zoom adalah tersedianya fasilitas untuk merekam, sehingga yang berkepentingan bisa mendokumentasikan aktifitas yang dilakukan di Zoom bahkan fitur perekam dapat digunakan untuk membuat konten dalam bentuk video dan kemudian video tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan tentunya. Keunggulan lainnya adalah narasumber (host) bahkan peserta dapat dengan leluasa berbagi layar (screen) ke peserta lainnya.

Nah, untuk fitur yang saya sebutkan terakhir, sangat menarik bila narasumber atau pengajar dapat menggunakannya dalam aktifitas belajar mengajar atau presentasi suatu materi atau topik yang sama secara berulang-ulang dalam beberapa pertemuan ataupun seminar ataupun video lainnya yang dirasa penting untuk suatu dibagikan ke peserta. Narasumber atau host cukup merekam materi tersebut sebelumnya menggunakan Zoom atau aplikasi lainnya dan kemudian menampilkannya di Zoom. 

Berikut cara untuk menampilkan video rekaman di Zoom:

  • Di aplikasi Zoom, klik "Share Screen", akan muncul 3 pilihan utama yakni Basic, Advanced dan Files. Sebenarnya pada pilihan "Advanced" ada fasilitas khusus untuk menampilkan video secara langsung dari local disk narasumber (host), dan mempunyai keunggulan ketika video rekaman sedang live, narasumber (host) dapat dengan leluasa membuka atau bekerja di beberapa window tanpa dilihat oleh peserta. Namun kelemahannya adalah peserta akan melihat hasil rekaman video dalam kualitas rendah

  • Jadi pilihan terbaik adalah silahkan menggunakan pilihan share screen "Basic". Setelah narasumber (host) sudah berbagi layar, video rekaman sebelumnya di local disk diputar. Kemudian langkah selanjutnya adalah narasumber (host) melakukan beberapa setingan agar aktifitas di Zoom berlangsung kondusif

  • Agar segala suara di sisi narasumber (host) tidak didengar peserta, silahkan nonaktifkan mic (mute). Kemudian narasumber (host) perlu centang "Share sound"

Tampilan 1: Zoom dengan menggunakan pilihan Advanced
Tampilan 2: Zoom dengan menggunakan pilihan Share Screen
Tampilan 3: Zoom dengan menggunakan pilihan share Powerpoint

Kalau dilihat dari gambar di atas, maka Tampilan 1 memang kualitasnya menjadi buram ketika tampil di sisi peserta, sementara Tampilan 2 dan Tampilan 3 kualitasnya sesuai standar. Dengan demikian, peserta akan dapat menikmati video rekaman tersebut dan bisa saja banyak yang tidak sadar bahwa mereka sebenarnya sedang mendengar presentasi yang sudah direkam sebelumnya. Selamat mencoba...

Share on WhatsApp

0 comments:

Post a Comment